AWS D1.1: Structural Welding Code – Steel

P_20190201_084842D1.1 adalah construction code/standard (C/S) yang dikembangkan oleh AWS (American Welding Society) untuk sturktur baja – dengan beban static maupun dinamik.

Lingkup

C/S D1.1 berisi persyaratan fabrikasi dan erection struktur yang terbuat dari baja dengan metode penyambungan dengan pengelasan (welded steel structures).

Batasan

Batasan C/S ini adalah, struktur yang terbuat dari baja dengan sambugan las (welded steel structures), dengan syarat baja adalah:

  1. baja karbon atau baja paduan rendah,
  2. dengan ketebalan 1/8 in [3 mm] atau lebih,
  3. memiliki tegangan luluh (specified yield strength) 100 ksi [690 MPa] atau kurang.

Di luar batasan tersebut, D1.1 mungkin masih bisa dipakai, dengan beberapa catatan – sesuai yang tertulis di paragraph 1.2 limitations, yaitu melalui evaluasi Engineer dan harus ditulis dalam kontrak. Engineer juga didorong untuk mengacu ke C/S lainnya, dimana material dan tegangan diluar batasan D1.1.

D1.1 terdiri dari 9 klausul, yaitu:

  1. General Requirements. Berisi informasi dasar lingkup dan batasan, definisi “kunci”, dan tanggungjawab pihak terkait (contoh: kontrtaktor, inspector, OEM, dan lain-lain).
  2. Design of welded connections. Berisi persyaratan desain sambungan, baik tubular dan non-tubular, dengan beban statik atau dinamik. “sebelum eksekusi kegiatan fabrikasi dan erection , dalam istilah lain sebelum production weld, semua sambungan pengelasan harus dirancang sedemikian rupa. Klausul 2 AWS D1.1 berisi persyaratan dalam mendesain”
  3. Prequalification of WPSs. Berisi persyaratan untuk bolehnya menggunakan prequalified WPS, yaitu WPS yang tidak harus memerlukan uji rusak dan tak rusak.

untuk melakukan pengujian sambungan las pada saat kualifikasi WPS, membutuhkan waktu lama dan biaya. D1.1 memperbolehkan penggunaan prequalified WPS, dengan syarat variabel pengelasan sesuai dengan yang diatur klausul 3. Variabel pengelasan diluar itu, harus dikualifikasi sesuai dengan kalusul 4 AWS D1.1

  1. Qualification. Berisi persyaratan kualifikasi prosedur (WPS) dan kualifikasi personil yang melakukan pengelasan (juru las, welding operator, dan tack welder).
  2. Fabrication. Berisi persyaratan umum dalam proses fabrikasi dan erection, termasuk base metal, konsumabel, teknik pengelasan, preparasi material, perbaikan/repair, dan lain-lain.

setelah proses desain dan qualifikasi prosedur dan personil, kegiatan konstruksi – production weld  dimulai. Klausul 5 D1.1. mengatur kegiatan fabrikasi

  1. Inspection. Berisi kriteria untuk qualifikasi dan tanggungjawab inspector, kriteria penerimaan (acceptance criteria) untuk production weld, dan prosedur untuk melaksanakan inspeksi visual dan uji tak rusak (NDT,” non-destructive test”)

pada saat kegiatan fabrikasi dan erection, sambungan las mulai diproduksi. Juga kegiatan inspeksi dimulai. Welding inspector harus melakukan inspeksi, termasuk kualitas hasil pengelasan, apakah dapat diterima atau ditolak. Klausul 6 D1.1 mengatur hal ini.

  1. Stud welding. Berisi persyaratan stud welding pada struktur: dari material yang dipakai, pengujian, fabrikasi, dan inspeksi.
  2. Strengthening and repairing existing structures. Berisi informasi dasar mengenai modifikasi atau perbaikan struktur baja eksisting.

langkah konstruksi akhir adalah proses penguatan (strengthening) dan perbaikan semua pengelasan yang telah diidentifikasi inspector tidak memenuhi standard. Semua modifikasi harus sesuai desain dari Engineer, juga sesuai spesifikasi yang tertulis dalam klasusul 8 AWS D1.1.

  1. Tubular structures. Berisi persyaratan khusus untuk sturktur terbuat dari “member” (komponen) tubular.

Urutan klausul AWS D1.1 menggambarkan secara garis besar urutan dalam tahap konstruksi, di mulai dari kontrak pihak terkait (klausul 1), proses desain (klausul 2), kualifikasi prosedur dan personil (klausul 3 dan 4), fabrikasi (klausul 5)  sampai inspeksi (klausul 6).

Referensi:

AWS D1.1/D1.1M: 2015

D1.1 Code Clinic 2015 Edition, American Welding Society (AWS)

About MechanicalBrothers

Welding Engineer, welding inspector, corrosion inspector, NDT inspector, bachelor of mechanical engineering, master of metallurgy engineering

Posted on March 9, 2019, in welding and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

Leave a comment